Rabu, 17 Juli 2019

Diagnosa Kerusakan pada Mesin Mobil Toyota


Diagnosa Kerusakan pada Mesin Mobil Toyota


BAB I

1.1       PENDAHULUAN
Perkembangan dunia otomotif hingga saat ini meningkat sangat pesat, banyak industri otomotif yang memproduksi mobil dengan kemampuan yang paling baru, karena kebutuhan mobil saat ini dapat membantu pekerjaan manusia. Salah satu produsen mobil yang ada di Indonesia adalah Toyota. Toyota adalah sebuah pabrikan yang berasal dari Jepang dan merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia untuk saat ini. pengguna mobil Toyota di indonesia cukup  banyak namun tidak semua pengguna tersebut mengerti bagaimana merawat kendaraanya, kebanyakan dari pengguna kendaraan hanya mengerti cara memakainya tanpa memperhatikan cara perawatannya. Padahal dengan melakukan perawatan dapat mengurangi resiko kerusakan pada mobil. Mereka cenderung menyerahkan pada teknisi tanpa peduli kerusakan itu sederhana atau terlalu rumit untuk diperbaiki sehingga memerlukan biaya dan waktu untuk memperbaikinya.
Oleh karena banyak orang  yang  tidak mengerti tentang mesin mobil maka penelitian tentang aplikasi sistem pakar deteksi dini kerusakan mobil sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk membantu pengendara mendeteksi dini kerusakan  mobil  serta  memberikan informasi tentang tips untuk perawatan kendaraannya. Dengan demikian adanya aplikasi ini akan memberikan pembelajaran kepada pengendara mobil akan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi sebagai penyedia informasi tentang berbagai ciri-ciri kerusakan mobil dan penanganannya. Aplikasi sistem pakar ini tidak berarti menggantikan montir atau pakar mobil, tetapi hanya membantu dalam mengkonfirmasikan keputusannya dan mempermudah dalam pengambilan keputusan, karena mungkin bisa terdapat banyak alternatif yang harus dipilih secara tepat.
    Sistem pakar merupakan program komputer yang meniru proses pemikiran dan pengetahuan pakar dalam menyelesaikan suatu  masalah tertentu. Sistem pakar dibangun untuk mencoba menyerupai kemampuan manusia dalam menyelesaikan masalah tertentu dalam bentuk heuristik. Dalam proses perhitungannya digunakan metode certainty factor, certainty Factor merupakan salah satu teknik yang  digunakan untuk     mengatasi     ketidakpastian                dalam pengambilan keputusan. Sistem pakar dalam penelitian ini dikembangkan menggunakan smartphone android, dimana android saat ini sangat banyak digunakan oleh berbagai kalangan, dan juga sistem operasi  android  merupakan sistem operasi yang terbuka sehingga pengembang bisa melakukan penambahan berbagai macam aplikasi.
Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan judul “Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Dini pada Mesin Mobil Toyota dengan metode Certainty Factor (CF) berbasis Android”.


BAB II

2.1       LANDASAN TEORI
A. Toyota
Toyota adalah sebuah pabrikan yang berasal dari Jepang dan merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia, Di Indonesia sendiri nama Toyota sudah sangat dikenal luas di berbagai kalangan. Beberapa jenis mobil Toyota paling laris di Indonesia adalah Toyota Avanza yang juga dikenal sebagai mobil sejuta umat, Kijang Innova, Yaris dan Vios.
1. Kerusakan Umum Pada Toyota Mesin mobil terdiri dari ratusan, bahkan mungkin ribuan komponen yang sebagian besar bergerak dalam gerakan yang sangat cepat. Pelumasan menjadi kunci utama agar mesin mobil bisa bekerja dengan lembut dan awet. Namun yang namanya komponen rusak pasti akan terjadi, sebagus apapun kita merawatnya. Berikut beberapa hal kerusakan yang biasa terjadi pada mobil Toyota serta dengan gejala dan penyebabnya:
1) Ball Joint Ball joint berada pada sistem suspensi mobil atau pada kaki-kaki kendaraan yang berfungsi sebagai sumbu roda ketika roda belok kekiri dan kekanan. Ketika ball joint rusak, akan ada beberapa gejala yang dapat dilihat dan dirasakan oleh pengguna, antara lain setir terasa bergetar dan ban habis nya tidak merata.
2) Bola-bola setir Bola-bola stir merupakan suku cadang yang sangat vital pada mobil, suku cadang ini berfungsi untuk mempermudah kerja pengemudi dalam menghadapi tikungan. Jika komponen ini rusak akan sangat berbahaya untuk pengguna karena bisa menyebabkan kecelakaan karena sistem kemudi yang terkadang kosong sehingga penggunaan kemudi yang tidak stabil dan normal.
3) Engine adalah salah satu bagian penting dari kendaraan, yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen yang kompleks dan saling terhubung.Sehingga engine memerlukan perawatan yang rutin agar kerja komponen dalam engine dapat bekerja dengan baik. Kendaraan yang dioperasikan dalam jangka waktu tertentu akan mengalami perubahan pada komponen fungsional termasuk perubahan kualitas pelumas. Sehingga membutuhkan pemeliharaan untuk mengembalikan kondisi kerja engine atau yang disebut dengan Tune Up.
1.    Mendiagnosa masalah tekanan kompresi kurang
a.    Gejala
-          pada kecepatan rendah, suara mesin kasar serta kurang tenaga.
b.    Kerusakan
-          terjadi kerusakan pada piston atau ringnya
-          pegas katup patah
-          katup pemasukan dan pengeluaran macet atau terbakar
-          busi sudah tidak layak pakai atau rusak.
c.    Penyebab
-          Kurangnya keseimbangan pemasukan bahan bakar keruang bakar sehingga piston tidak dapat bekerja optimal dalam proses kerja piston.
-          Karena terjadi tabrakan antara katup dan piston yang dikarenakan tidak sempurnanya penyetelan pada katup.
-          Pelumasan pada ruang katup tidak ada atau pelumas (oli) tidak sampai keruang katup untuk melumasi sistem katup sehingga katup dapat berkarat.
-          Terjadi kebocoran pada ring piston sehingga oli masuk keruang bakar dan menempel pada kepala busi, karena oli bersifat susah terbakar sehingga oli menutupi kepala busi yang mengakibatkan busi tidak mampu bekerja secara optimal.
d.      Perbaikan
-          Buka komponen mesin dengan cara buka tutup kepala silinder, silinder head, bak oli, dan keluarka piston dengan alat SST untuk mengetahui silinder mana yang mengalami kerusakan jika kerusakan pada silinder dan ring piston sudah parah segera melakukan pergantian agar tidak merembet pada komponen mesin lainya.
-          Dalam permasalahan pegas katup patah maka tidak dapat dilakukan perbaikan kecuali dengan cara penggantian pada pegas katup yang patah tersebut.
-          Pada kondisi kerusakan pada katup masuk dan buang macet atau tidak dapat bekerja maksimal itu biasanya terjadi karat pada ruang katup, maka lakukan perbaikan dengan cara pembongkaran pada komponen katup dan lakukan pembersihan karat-karat dengan menggunakan kertas gosok yang paling halus. Jika salah satu katub masuk atau buang bengkok maka segera lakukan penggantian dengan katup yang baru untuk mengatasi kerusakan.
-          Jika permaslahan pada busi biasanya busi hangus pada kepala busi yang diakibatkan oleh sisa-sisa pembakaran yang tidak sempurna maka buka busi dan bersihkan kepala busi agar mendapat hasil yang maksimal dalam proses pembakaran. Apa bila setelah melakukan pembersihan busi, tetapi busi tidak lagi memercikkan bunga api secara sempurna maka segera lakukan penggantian busi dengan yang baru.
2.    Mendiagnosa masalah akselerasi mesin kurang sempurna
a.       Gejala
-          Mesin susah dinyalahkan.
-          Suara mesin saat menyalah buntu-buntuk (tidak stabil).
b.      Kerusakan
-          Saluran-saluran atau lobang-lubang didalam karburatornya kotor.
-          Businya tidak menyala secara konstan. (kerenggangan busi terlalu rapat).
-          Gas sisa pembakaran tidak dapat keluar secara lancar dari knalpot.
-          Saringan udara yang tersumbat akan mempengaruhi komposisi bensin dan udara sehingga campuran terlalu kaya.
-          Waktu pegapian yang kurang tepat, terlau cepat menyala atau terlalu lambat menyala.
c.       Penyebab
-          Jika saluran-saluran pada karburator kotor penyebabnya yaitu terjadi karat pada tangki bahan bakar sehingga masuk kedalam ruang karburator sehingga lubang-lubang didalam karburator tersumbat.
-          Pada kondisi busi dengan nyalah tidak stabil biasanya disebabkan banyaknya trak-trak sisa-sisa pembakaran menempel pada kepala busi dan bias juga disebabkan karena terlalu rapatnya celah pada busi.
-          Gas sisa pembakaran tidak dapat keluar dengan lancar yang disebabkan  karena penyetelan katup masuk dan buang tidak sesuai klasifikasi.
-          Saringan udara tersumbat diakibatkan oleh banyaknya jumlah debu yang masuk kedalam saringan udara sehingga debu tersebut menempel dan menutupi saringan udara.
-          Pengapian kurang tepat menyalah disebabkan karena kurang tepatnya penyetelan platina sehingga loncatan bunga api tidak sesuai.
d.      Perbaikan
-          Melakukan pembongkaran pada karburator dan bersihkan kompnen-komponen karburator dari kotoran  yang menyumbat lupang main jet dan slow jet.
-          Bersihkan kepala busi dari trak-trak sisa pembakaran dan stel kerenggangan kepala busi agar percikan bunga api sesuai saat proses pembakaran.
-          Jika gas buang tidak keluar dengan lancar dari kenalpot maka stel celah katup masuk dan buang jika kerenggangan tidak sesuai lakukan penyetelan dan jika penyetelan telah dilakukan dan masih pembuangan tidak sempurna maka lakukan pembongkaran pada komponen katup mungkin terjadi keausan pada kepala katup maka lakukan pencukuran pada kepala katup.
-          Bersihkan saringan udara dengan menggunakan kuas dan cairan, setelah melakukan pembersihan keringkan saringan udara.
-          Jika pengapian kurang tepat permasalahan ini karena penyetelan platina yang kuarang tepat maka lakukan penyetelan sesuai klasifikasi. Jika penyetelan telah dilakukan tetapi kondisi masih tetap sama maka lakukan pergantian pada komponen platina.
3.    Mendiagnosa kerusakan system pendingin
a.       Gejala
-          Mesin kendaraan cepat panas saat dinyalahkan
b.      Kerusakan
-          Terjadi kebocoran pada selang radiator
-          Pambel kipas pendingin aus (rusak) sehingga kipas pendingin tidak berputar sempurna
-          Karet sil water pump bocor atau water pump rusak.
-          Terjadi kerusakan pada reserfoir tank
-          Terjadi penyumbatan pada water jacket
-          Thermostat rusak
c.       Penyebab
-          Jika selang air radiator rusak (bocor) maka air akan tidak sempurna mengalir sehingga air pendingin akan berkurang, penyebab kerusakan suhu panas tinggi dari mesin.
-          Pambel kipas pendingin mengalami keausan karena disebabkan oleh suhu panas dari mesin sehingga pambel mengalami keausan.
-          Jika terjadi kebocoran pada water pump disebabkan oleh karet sil yang sudah tidak mampu lagi menahan air sehingga terjadi kebocoran.
-          Saat mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah akibat benturan.
-          Kerusakan pada water jacket  biasanya akibat lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap kalor, sekaligus menghalangi alirannya.
-          Yang bertugas untuk menjaga suhu adalah thermostat  yang terletak di mulut saluran air di kepala silinder. Yang menyebabkan kerusakan thermostat yaitu tekanan suhu yang terlalu tinggi.
d.      Perbaikan
-          Selang air radiator bocor maka yang harus dilakukan dengan cara penggantian dengan selang yang baru.
-          Tali pambel sudah aus maka tidak ada perbaikan yang bias dilakukan kecuali dengan melakukan penggantian.
-          Lakukan pembongkaran pada water pump lalu analisa penyebab kebocoran setelah diketahui lakukan perbaikan pada komponen water pump yang rusak, jika karet sil water pamp yang rusak maka ganti karet sil tersebut dengan yang baru.
-          Jika terjadi kebocoran pada reserfor tank maka lakukan perbaikan pada bagian bocor tersebut, jika reserfoir pecah karena benturan maka segera lakukan penggantian pada reserfoir tank.
-          Jika water jaket bermasalah dalam pengaliran air pendingin maka lakukan pembongkaran dan bersikan water jacket dari karat.
-          Buka thermostat jika pada komponen ini yang mengalami masalah maka yang sering dilakukan dengan cara melakukan penggantian dengan thermostat yang baru.
4.    Mendiagnosa kerusakan motor tidak dapat atau sukar distarter
a.       Gejala
-          Pada waktu kunci kontak starter diputar, motor starter tidak bekerja tetapi hanya terdengar bunyi tumbukan disekitar motor starter
b.      Kerusakan
-          Kerusakan pada komponen dinamo starter.
c.       Penyebab
-          Gigi pinion terjepit diantara gigi-gigi pada roda gaya sehingga mengakibatkan kerusakan pada dynamo starter.
-          Tuas ungkit atau kembali rusak sehingga gigi piniom dynamo starter tidak kembali pada posisi semula.
d.      Perbaikan
-          Lepas dynamo starter dari dudukannya, lalu lakukan pembongkaran pada komponen dan lakukan perbaikan pada gigi pinion mungkin terjadi kerusakan pada poros gigi pinion jika kerusakan tersebut sudah parah segera lakukan penggantian agar tiada merembet pada komponen yang lainya.
-          Lakukan pemeriksaan pada tuas pengembali apa bila tuas pengembali rusak atau aus maka lakukan penggantian.
5.    Mendiagnosa kerusakan motor tidak bekerja dengan halus
a.       Gejala
-          Apa bila pedal gas dilepas motor mati dan sukar distarter kembali.
b.      Kerusakan
-          Penyetelan skrup pengaturan tanpa beban pada karburator kurang tepat.
-          Kabel busi terlepas atau putus.
-          Kerusakan pada busi
c.       Penyebab
-          Kurang telitinya penyetelan skrup pengaturan tanpa beban, sehingga motor tidak memiliki keseimbangan pada saat mengkonsumsi bahan bakar.
-          Kabel busi terlepas karena diakibatkan dari getaran mesin yang tinggi atau kabel busi putus diakibatkan karena korosi yang mengakibatkan kabel busi ini terputus.
-          Busi rusak diakibatkan oleh tekanan pengapian dan panas yang tinggi atau lapisan keramik pada kepala busi retak sehingga busi tidak dapat memercikan bunga api tidak stabil.
d.      Perbaikan
-          Lakukan penyetelan pada skrup pengaturan tanpa beban pada karburator agar dapat stabil.
-          Jika kabel busi putus maka segera lakukan penggantian pada kabel busi yang rusak.
-          Jika busi mengalami kerusakan segera lakukan penggantian dengan busi yang baru.

B.  Chasis dan kelistrikan bodi kendaraan
Chasis adalah bagian yang tinggal bila body kendaraan dilepaskan keseluruhannya.
1.    Mendiagnosa pada system pengisian
a.       Gejala
-          Aki tidak terisi tetapi mesin dapat distarter.
b.      Kerusakan
-          Belt alternator kendor atau sudah aus.
-          Kabel alternator terkelupas atau putus.
-          Alternator rusak.
-          Batrai rusak.
c.       Penyebab
-          Belt alternator kendor atau sudah aus karena disebabkan kurang kencangnya penyetelan pada belt, sehingga terjadi gesekan saat terjadi putaran maka mengakibatkan keausan pada belt alternator.
-          Jika kabel alternator terkelupas atau putus, hal ini sering diakibatkan karena terjadi pertemuan antara kabel positif dan negative atau juga diakibatkan sering mengalami gesekan dengan komponen kendaraan yang lainnya.
-          Alternator rusak, diakibatkan karena terlalu besarnya arus yang dihasilkan seningga dapat mengakibatkan gulungan pada alternator hangus.
-          Jika kerusakan yang dialami karena batrai rusak sering kali yang menjadi penyebabnya yaitu batrai sering mengalami kekurangan air accu atau bahkan sel-sel pada batrai telah berkarat sehingga menutupi peroses kerja batrai.
d.      Perbaikan
-          Jika belt alternator kendor maka lakukan penyetelan dengan menggunakan SST, apabila kerusakan itu diakibatkan karena terjadi keausan pada belt alternator maka segera melakukan penggantian dengan yang baru.
-          Jika ada beberapa kabel yang terputus atau terkelupas lakukan pembungkusan dan penyambungan kabel dengan menggunakan isolasi kabel agar aliran listrik dapat bekerja dengan baik.
-          Alternator rusak maka periksalah pada bagian komponen alternator yang mengalami kerusakan, jika gulungan alternator terbakar segera lakukan penggantian pada gulungan alternator tersebut.
-          Batrai sebagai salah satu sumber tegangan yang menyimpan arus listrik yang akan dialirkan kekomponen listrik, jika batrai yang mengalami permasalahan/rusak tidak ada cara perbaikan melainkan dengan cara mengganti batrai dengan yang baru.


2.    Mendiagnosa kerusakan roda kendaraan
a.       Gejala
-          Suara berdengung saat mobil melaju
b.      Kerusakan
-          Ban bergelombang atau tidak rata
-          Bearing roda sudah aus
c.       Penyebab
-          Penyebab kerusakan ban bergelombang dikarenakan terlalu seringnya ban kekurangan tekanan angin bahkan biasanya disebabkan karena jarak antara roda depan dan belakang yang tidak stabil.
-          Jika bearing roda yang mengalami keausan penyebab utamanya karena biasanya roda mengalami benturan yang sangat keras dan biasanya pelumasan pada bagian bearing tida ada (berkarat).
d.      Perbaikan
-          Cek ban apakah permukaan ban tidak rata jika hal tersebut yang sedang dialami berarti ada kemungkinan shock breaker sudah saatnya diganti dan apabila permukaan ban tidak rata atau makan sebelah maka ban perlu dispooring.
-          Lakukan pendongkrakan pada mobil agar roda menggantung, lalu goyang roda keatas dan kebawah apabila goyang artinya bearing roda perlu diganti. Jika digoyang kekiri dan kekanan apabila goyang berarti tierod atau booljoint sudah lemah atau aus jadi segera perlu diganti.
3.    Mendiagnosa sistem suspensi
a.       Gejala
-          Kendaraan saat membelok goyang dan kendaraan bergetar saat melewati jalan yang tidak rata.
b.      Kerusakan
-          Oli sel suspensi bocor.
-          Sistem suspensi keras/tidak elastis.
c.       Penyebab
-          Jika hal tersebut yang dialami dari komponen suspensi maka penyebab yang sering dialami adalah terlalu sering membawa beban yang berlebihan atau melewati spesifikasi berat kendaraan yang diharuskan.
d.      Perbaikan
-          Masalah yang terjadi pada system suspensi hal ini tidak dapat dilakukan perbaikan pada komponen kecuali dengan cara penggantian pada system suspensi.
4.    Mendiagnosa system kelistrikan
a.       Gejala
-          Motor tersendat-sendat dan tercium bau hangus pada komponen.
b.      Kerusakan
-          Komponen kabel body terbakar.
-          Terjadi kebocoran aliran listrik pada kabel.
c.       Penyebabnya
-          Komponen kabel bodi mengalami kerusakan atau salah satu kabel terkelupas sehingga bersentuhan dengan kabel yang lainya.
-          Kebocoran pada bagian kabel disebabkan oleh tingginya tegangan dan terjadi gesekan antara kabel dengan komponen yang lainnya sehingga kulit kabel tipis sehingga terjadi kebocoran aliran listrik.
d.      Perbaikan
-          Jika hal tersebut yang terjadi maka lakukan pemeriksaan apad kabel bodi, jika ada salah satu kabel terputus atau terkelupas maka lakukan pembungkusan pada kabel tersebut agar tidak konslet.
-          Biasanya jika komponen kabel mengalami kerusakan yang sdah parah tindakan yang sering dilakukan dengan cara penggantian pada keseluruhan kabel bodi.
B.   Sistem Pakar
1. Pengertian dan Tujuan Sistem Pakar Sistem pakar merupakan pengembangan kecerdasan buatan yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian manusia. Tujuan pengembangan sistem pakar sebenanya bukan untuk menggantikan peran manusia, tetapi untuk mensubtitusikan pengetahuan manusia ke dalam bentuk sistem, sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. Sistem pakar yang muncul pertama kali adalah Generalpurpose problem solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel dan Simon. Sampai saat ini sudah banyak sistem pakar yang dibuat, seperti MYCIN, DENDRAI, XCON & XSEL, SOPHIE, Prospector, FOLIO dan DELTA.
2.   Ciri dan Karakteristik Sistem Pakar Ciri dan karakteristik sistem pakar dengan sistem lainnya adalah sebagai berikut:
a. Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu konsep, bukan numeris. Hal ini dikarenakan komputer melakukan proses pengolahan data secara numeris sedangkan keahlian dari seorang pakar adalah fakta dan aturan-aturan, bukan numerik.
b. Informasi dalam sistem pakar tidak selalu lengkap, subyektif dan tidak konsisten, subyek terus berubah tergantung kondis lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidak pasti dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” akan tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu.
c. Kemungkinan solusi sistem pakar terhadap suatu permasalahan adalah bervariasi dan mempunyai banyak pilihan jawaban yang dapat diterima, semua faktor yang ditelusuri memiliki ruang masalah yang luas dan tidak pasti. Oleh karena itu, diperlukan fleksibilitas sistem dalam menangani kemungkinan solusi dari berbagai permasalahan.
d. Perubahan atau pengembangan pengetahuan dalam sistem pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga diperlukan kemudahan dalam modifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan yang semakin besar dan bervariasi. e. Pandangan dan pendapat sistem pakar tidaklah selalu sama, oleh karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi sitem pakar merupakan jawaban yang pasti benar. Setiap pakar akan memberikan pertimbangan berdasarkan faktor subyektif.

f. Keputusan merupakan bagian terpenting dari sistem pakar. Sistem pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan pengetahuan meskipun solusinya sulit, sehingga fasilitas informasi sistem harus selalu diperlukan.

3. Bidang-bidang Pengembangan Sistem Pakar Ada banyak area atau wilayah yang menjadi daerah kerja artificial intellegence yaitu jaringan syaraf tiruan, robotika, sistem pendukung keputusan, sistem informasi berbasis manajemen dan sistem pakar. Ada beberapa kategori pengembangan sistem pakar yaitu kontrol, desain, diagnosis, prediksi, monitor dan simulasi.
C. Rekayasa Pengetahuan
Definisi menurut rekayasa pengetahuan (knowledge engineering) merupakan proses pembentukan suatu sistem pakar dengan mengambil data dari seorang ahli (human expert) atau dari narasumber lainnya yang kemudian diolah menjadi suatu sistem pakar. Tujuan utama dalam rekayasa pengetahuan untuk membangun perangkat lunak modular sehingga perubahan dapat dibuat dalam suatu modul tanpa mempengaruhi kerja modul lainnya. Rekayasa pengetahuan membantu pakar mengekstasi pengetahuan yang dimilikinya dan biasanya berperan sebagai pembangun sistem.
D. Certainty Factor (CF)
Certainty theory ini diusulkan oleh Shortliffe dan Buchanan pada tahun 1975 untuk mengakomodasi ketidakpastian pemikiran (inexactreasoning) seorang pakar. Teori ini berkembang bersamaan dengan pembuatan system pakar MYCIN. Tim pengembang MYCIN mencatat bahwa dokter sering kali menganalisa informasi yang ada dengan ungkapan misalnya seperti: mungkin, kemungkinan besar, hampir pasti. Untuk mengakomodasi hal ini tim MYCIN menggunakan certainty factor (CF) guna menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang sedang dihadapi. Faktor kepastian ini juga berguna untuk mengatasi ketidakpastian dalam menentukan kerusakan yang mempunyai gejala yang sam

BAB III

3.1       ANALISIS DAN PERANCANGAN
A. Cara Kerja Sistem
Secara garis besar dijelaskan mekanisme penelusuran kerusakan pada sistem pakar deteksi dini kerusakan mesin mobil Toyota yang dapat dilihat pada Flowchart Gambar 1


pada proses diagnosa, alur kerjanya adalah setelah user memilih menu diagnosa kerusakan, jika user tidak ingin melakukan proses konsultasi user dapat kembali ke menu awal atau keluar dari aplikasi. Jika ingin melakukan proses diagnosa, pilih gejalagejala yang dirasakan oleh user sesuai dengan data yang telah disediakan sistem, kemudian user diharuskan menekan tombol hitung untuk melakukan proses diagnosa maka proses diagnosa dan perhitungan akan dilakukan. Selanjutnya akan diberikan informasi hasil diagnosa kerusakan serta saran solusi perbaikannya secara singkat dan proses diagnosa pun selesai.

B. Perancangan Model UML (Unified Modeling Language)
Tahapan perancangan UML ini bertujuan untuk memvisualisasikan dan memodelkan sistem yang akan dibuat agar sesuai dengan kebutuhan sistem. Sistem pakar deteksi dini kerusakan mesin mobil Toyota dengan metode certainty factor berbasis android ini menggunakan UML (Unifield Modeling Language).


BAB IV

1.4       KESIMPULAN
Berdasarkan analisa, perancangan, implementasi dan pembahasan yang telah dilakukan dalam sistem pakar deteksi kerusakan dini pada mobil toyota dengan metode certainty factor berbasis android, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Aplikasi sistem pakar ini dapat menampilkan hasil diagnosa kerusakan mobil Toyota menggunakan metode certainty factor berdasarkan gejala-gejala yang dipilih oleh pengguna.
2. Selain mendiagnosa kerusakan mobil Toyota, aplikasi yang dibangun juga memberikan beberapa tips dan trik untuk perawatan mobil Toyota.

DAFTAR PUSTAKA
[1] Jogiyanto. (1999). komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem .
[2] Kusumadewi, S. (2003). Artificial intelegence (Teknik dan Aplikasinya). yogyakarta: graha ilmu. [3] Magee, D. (2008). How Toyota Became 1. Jakarta: PT.Gramedia.
[4] Mulyono, D. (2008). Pembangunan Sitem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WML dan PHP untuk Menemukan Penyebab Kerusakan Mesin Isuzu Panther. Semarang: UNAKI.
[5] Pender, T. (2002). UML Weekend Crash Course. Indiana : Wiley Publishing Inc.
[6] Safaat, N. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobil Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
[7] Sofyan, A. A., & dkk. (2015). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Dini Kerusakan Mobil Toyota Avanza. STMIK Bina Sarana Global , 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar